Sabtu, 27 Mac 2010

PETUNJUK ALLAH SWT ADALAH MUTLAK KEBENARANNYA

Bismillaahirrahmaanirrahiim





SECARA UMUM SEMUA MUSIBAH ALAM ITU MERUPAKAN
TANDA-TANDA KEKUASAAN ALLAH,
ANDAIKATA KITA BERPRASANGKA ALLAH TIDAK ADIL,
PASTINYA JUSTRU PIKIRAN SEBAHAGIAN MANUSIA YANG DHAIF
TAK MAMPU MEMAHAMI KEADILAN ALLAH.
Ali al Asytar
Acheh - Sumatra



Di Las vegas, RRC dan Uni Soviyet (rusia), Amerika dan Israel tjit hanapeue Neuteugorle le Allah swt meuseubab awaknyan tjit ka hana diteupeue sapeue teuntang hakikat keubeunaran Allah. Hainjoe seusuai firman Allah: "Sesunggohdjih ureueng-ureueng kafe njan saban mnanteng bagi awaknjan, tapeuingat atawa hana tapeuingat (hai Muhammad) tapi awaknjan teutap han djimeuiman" (Q.S. 2 : 6). Jadi keu geutanjoe manteng meulalui Rausulullah via Al Qur-an, kalheueh Neupeugah le Allah hanapeue peugah sare bak awaknjan, hingga Allah keudroe hana Neuteugor awaknjan ngen musibah supaya diseumike, meusabab awaknjan han djitem seumike, keutjuali kafe Djimmi.

Peureulee tateupeue bahwa musibah alamnjan na 3 bagoe, musibah seubagoe peuringatan Allah lagee Tsunami di Atjeh dan musibah diseubabkan buet manusia lagee luhop suuem dipe di Jawa dan Musibah seubagoe tanda-tanda keukuasaan Allah lagee gumpa di teumpat ureueng-ureueng kafe njeng hana djiteupeue sapeue teuntang peutunjok Allah. Bandum djeuneh musibahnjan djeuet keu saboh jalan seumike bagi manusia-manusia umumdjih njeng tem seumike. Hingga deungen seumikenjan keumungkenan meureumpek hidajah dari Allah.

Seusuai keujakinan geutanjoe bahwa tiep musibahnjan pasti na hikmah (njeng djroh). Meunurot hematlon, Tsunami di Acheh nakeuh teumasok musibah njeng djroh hikmahdjih. Jalan seumikedjuih nakeuh bahwa musibah njeng dipeuget le manusia (baca keuzaliman teuntra Hendon ateueh bansa Acheh - Sumatra) nakeuh juoh leubeh dahsjat dibandengkan musibah Tsunami, meuseue hana takheun malah musibah Tsunaminjan that meu untong keu bansa Acheh - Sumatra. Deungen teuka Tsunaminjan ureueng lua nanggroe njeng dihambat le pihak Hendon awaiken bekdjitameng u Acheh - Sumatra supaja mangat bebaih menzalimi masyarakat sipil, kadjeut di tameng u Acheh hingga teuntra-teuntra Hendon dan Polisi handjeuetle djianianja masjarakat sipil Acheh .- Sumatra secara terang-terangan.

Seulandjutdjih deungen musibah di laot dan bineh pante, djustru teuntra Hendon njeng le mate, seudangkan teuntra Acheh - Sumatra seulamat dalam gle. Peukara ureueng sipil di kuta-kuta dan di gampong-gampong njeng le tjit mate, seubahagiandjih nakeuh ureueng-ureueng njeng meumihak keu teuntra Hendon njeng that keudjinjan. Minimal hana geupakoe sapeue lale geunikmati gadji njeng dibri le peunguasa Hendon (peugawe Hendon, ubee dua boh djab, ret deh toe retnoe rab) atawa peunghuni geudong-geudong mewah njeng hanapakoe keu perdjuangan peubibeueh nangroe.

Musibah Tsunaminjan memang hana djroh keu golongan njeng lon seubutnjan. Seubagian masjarakat sipiltreuk njeng na di Gampong-gampong dan dit njeng di Kuta-kuta nakeuh ureung djroh njeng meumihak keu perdjuangan. Ureueng njeng lageenjankeuh njeng tameng lam katagori 'sjahid' saban lagee TNA njeng mate lam seueh prang karena Allah atawa ureueng sipil njeng dianianja le sipa-i. Bagi ureueng njeng hana meuphom peutunjok Tuhan (agama), geupike malang awaknjan bandum. Disinoekeuh njeng Neupeugah le Allah bahwa seubab matenjan na matjam-.matjam. Na njeng mate dianianja le sipai, mate meuseubab rhet ditjong kajee, mate lam tika eh meuseubab katuha atawa peunjaket hana ngen peu ubat, mate meusireut ngen kult pisang dan matjam-matjam njeng laenlom. Peunjebab matenjan bandum ken ukoran get atawa brok. Ukoran get atawa hanaget nakeuh kiban posisi geutanjoe lam udep di donjanjoe, peuekeuh bak djalan redha Allah atawa bak djalan thaghut. Njankeuh seubab haq tameurunoe supaja geutanjoe roh lam golongan njeng Redha Allah swt.

Ureueng-ureueng njeng manteng udep di Acheh, mateng Neu udji le Allah sampe trok adjai geutanjoe. Seudangkan ureueng-ureueng njeng ka sjahid dan mate lam redha Allah, ka seuleusoe dan bak hakikatdjih ken mate ureueng njan bandum tapi meupinah teumpat dari alam Donja u alam Kubu, untok seulandjutdjih Neupinah lom u alam Akhirat njeng keukai dan hana mate-mate. Meuseubabnjan Allah Neukalen soe diantara geutanjoe njeng kaputoh asa dan bahkan meumihak keu musoh dan soe njeng teutab saba bahpih leubeh geuhen buet peubibeueh bansa geutanjoe dibandengkan masa njeng ka ulikot.

Kadeuh takalen bahwa seubagian ureueng geutanjoe uroenjoe ka meusuruek lam peurangkap musoh njeng hana disadari, hingga meutamah ego watee na teugoran dari pimpinan. Mandumnjan teugantung bak na ileumei perdjuangan meunurot peutunjok Allah lam Qur-an, Hadist dan Imam-imam njeng ka Neutunjok le Allah dan RasulNeuh seureuta pribadi-pribadi agong laendjih njeng aplikasi droeneuhnjan akan tateumee bila na tameurunoe seudjarah/tarekh.

Sesungguhdjih Allah kalheueh Neubi peutunjok keu manusia untok meuudep di planet Bumoenjoe ngen Taurat, Zabur, Indjil dan Al Qur-an seubagoe kitab peuseumpurna dan kitab kontrol Zabur, Taurat dan Injil dari peumalsuan ureueng-ureueng djahe, hingga banlhee kitab njeng awainjan Neupeu mensoh/Neupeubateue seubagoe peudoman udep. Ohlheuehnjan teuma Allah Neu utoihlom Rasul-rasul untok peudampeng kitab-kitapnjan seureuta peundjeulasandjih bagi njeng hana meuphom. Disampeng njanlon Allah Neutunjoklam pribadi-pribadi laen untok peudampeng Al Qur-an ohlheueh Rasulullah neutinggai Donja, supaja manusia seulanjutdjih teutap na bimbingan hingga pasti han seusat keutjuali ureueng-ureueng njeng tulak peundam peng njan.

alystr,-

Terjemahan bebasnya:

Di Las Vegas, RRC dan Uni Soviyet (rusia), Amerika dan Israel, memang takperlu teguran dari Allah disebabkan mereka tidak tau apa-apa tentang hakikat kebenaran Allah. Hal ini sesuai firman Allah: "Sesungguhnya orang-orang kafir itu sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan (hai Muhammad), namun mereka tetap tidak beriman" (Q.S. 2 : 6). Jadi untuk kita saja melalui Rasulullah via Al Qur-an sudah dikatakan Allah takusah sampaikan kepada mereka, tidak mau berfikir kecuali kafir Jimmi

Perlu kita ketahui bahwa musibah itu ada 3 macam, musibah sebagai peringatan Allah seperti Tsunami di Acheh, musibah yang disebabkan akibat kelengahan manusia seperti pancuran lumpur panas di Jawa dan musibah sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah seperti gempa di kawasan kafir yang tidak tau apa-apa.tentang petunjuk Allah. Semua jenis musibah itu menjadi sarana bagi manusia pada umumnya yang mau berfikir. Hingga melalui berfikir itulah mereka berkemungkinan untuk mendapat hidayah Allah.

Sesuai keyakinan kita bahwa setiap musibah itu pasti ada hikmah (yang baik). Hemat saya , Tsunami di Acheh adalah musibah yang baik hikmahnya. Logikanya bahwa musibah yang dicetuskan oleh manusia (baca kezaliman tentara Indonesia atas bangsa Acheh - Sumatra) adalah jauh lebih dahsyat dibandingkan musibah Tsunami, kalau tidak kita katakan malah musibah Tsunami itu sangat beruntung buat bangsa Acheh - Sumatra. Akibat Tsunami itulah orang luar negeri yang sebelumnya dihambat pihak Indonesia agar tidak masuk ke Acheh - Sum,atra supaya bebas menzalimi masyarakat sipil, bisa masuk ke Acheh hingga tentara-tentara Indonesia dan Polisi tidak dapat lagi menganianya masyarakat sipil Acheh - Sumatra secara terang-terangan.

Selanjutnya dengan musibah di laut, pantai, kota dan kampung-kampung, justru tentara Hendon yang banyak mati, sementara tentara Acheh - Sumatra selamat di Gunung-gunung. Soal orang sipil di kota-kota dan dikampung-kampung yang juga banjak mati, sebahagiannya adalah orang-orang yang memihak kepada tentara Hendon yang sangat keji itu. Minimal tidak mau peduli apapun, asik menikmati gaji yang diberikan penguasa Hendon (pegawai Hendon) atau penghuni gedung-gedung mewah yang tidak peduli kepada perjuangan untuk membebaskan negrinya.

Musibah Tsunami itu memang tidak baik bagi golongan yang saya sebutkan tadi. Sebahagian lagi masyarakat di kampung-kampung dan sedikit di kota-kota adalah orang-orang baik yang memihak kepada perjuangan. Orang-orang seperti itulah yang masuk dalam katagori 'Syahid' sama seperti TNA yang mati berjuang karena Allah atau orang-orang sipil yang dianianya oleh TNI/POLRI. Bagi orang yang tidak memahami petunjuk Tuhan (agama), mengira mareka itu malang semuanya. Disinilah yang dikatakan Allah bahwa sebab mati itu bermacam-macam. Ada yang mati dianianya TNI/POLRI, mati disebabkan jatuh dari pohon kayu, mati di tempat tidur disebabkan sudah tua atau penjakit yang tidak ada biaya untuk berobat, mati terpeleset dengan kulit pisang dan macam-macam penyebab lainnya. Penyebab itu semua bukanlah ukuran baik atau buruk. Ukuran baik-buruknya adalah tergantung posisi kita dalam kehidupan di Dunia ini, apakah di jalan keredhaan Allah atau jalan thaghut. Itulah sebabnya kita haq untuk menuntut agar termasuk dalam golongan yang redha Allah swt.

Orang-orang yang masih hidup di Acheh, masih di uji oleh Allah samapi ajalnya. Sedangkan orang-orang yang sudah syahid dan mati dalam redha Allah, sudah selesai dan pada hakikatnya mereka itu bukan mati tapi berpindah tempat dari alam Dunia ke alam Kubur yang selanjutnya akan dipindah lagi ke alam Akhirat yang kekal tidak mati-mati. Justru itu Allah akan melihat siapa diantara kita yang sudah putus asa dan bahkan memihak kepada musuh, dan siapa diantara kita yang tetap sabar walaupun lebih berat usaha membebaskan bangsa kita dibandingkan masa yang lalu.

Sudah nampak kita lihat bahwa sebahagian orang kita hari ini sudah terperosok dalam perangkap musuh secara tidak sadar, hingga bertambah ego ketika mendapat teguran dari pimpinan. Itu semua tergantung ada tidaknya ilmu perjuangan sesuai petunjuk Allah dalam Al Qur-an, Hadist dan Imam-imam yang sudah ditunjukkan Allah dan Rasulnya, serta representant-representant agung lainya dimana aplikasi mereka dapat kita temukan bila kita belajar sejarah /tarekh.

Sesungguhnya Allah telah memberi petunjuk kepada manusia untuk hidup di planet Bumi ini dengan Zabur, Taurat, Injil dan Al Qur-an sebagai kitab penyempurnaan dan kitab kontrolnya terhadap Zabur, Taurat dan Injil dari pemalsuan tangan-tangan jahil hingga ketiga kitap yang terdahulu itu di mensohkan /dibatalkan sebagai pedoman hidup. Selanjutnya Allah juga mengutus para Rasul untuk mendampingi kitab-kitab tersebut serta penjelasannya bagi yang tidak dapat dipahaminya.Disamping itu Allah juga menunjukkan pribadi-pribadi lainnya untuk mendampingi Al Qur-an setelah Rasulullah meninggalkan Dunia agar manusia selanjutnya tetap mendapat bimbingan hingga pasti tidak akan sesat kecuali yang menolak pendamping tersebut.

Billahi fi sabililhaq
Ali al Asytar
Acheh - Sumatra

Disini mencoba menampilan experimentasi pemikiran sederhana guna memberi kontribusi atas berbagai masalah keislaman dan kepapuaan guna mencapai kemaslahan bersama atas berbagai masalah sosial politik. Penawaran pemikiran lebih pada perspektif islam, yakni; berdasarkan nilai-nilai utama yang terkandung dalam dan dari sumber Al-Qur'an dan Al-Hadis, dengan intrepretasi lebih bebas sesuai konteks sosial budaya Papua.
Disini mencoba menampilan experimentasi pemikiran sederhana guna memberi kontribusi atas berbagai masalah keislaman dan kepapuaan guna mencapai kemaslahan bersama atas berbagai masalah sosial politik. Penawaran pemikiran lebih pada perspektif islam, yakni; berdasarkan nilai-nilai utama yang terkandung dalam dan dari sumber Al-Qur'an dan Al-Hadis, dengan intrepretasi lebih bebas sesuai konteks sosial budaya Papua.